Jumat, 27 Januari 2012

Model Jaringan Wifi

JARINGAN WIRELESS

     Definisi jaringan wireless





Jaringan wirreless adalah jaringan tanpa kabel. Pada intinya jaringan ini memiliki prinsip dasar sama dengan jaringan konvensional yang menggunakan kabel. Bedanya terletak pada media penghantar data antar komputer. Pada jaringan wirelless proses pnyimpanan data di lakukan melelui udara dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. manfaat dari jaringan ini adalah kemampuan bebas bergerak dan kemampuan aplikasi ke seluruh penjuru dunia tanpa harus memikirkan konfigurasi kabel. Teknologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu.

Ada dua tipe mode yang di gunakan pada jaringan wireless yaitu :
   
  a. Mode Ad-Hoc







Mode ini sama seperti mode jaringan peer to peer, jaringan ini di bangun menggunakan komponen LAN card tanpa menggunakan access point.

  b. Mode Infrastruktur








Mode ini menggunakan wirelles Lan Card pada setiap komputer. Mode ini juga menggunakan access point sebagai media penghubung, jadi client anggota jaringan harus melalui access point terlebih dahulu sebelum dapat berhubungan dengan client lain.


     Bentuk Jaringan Wireless

Jaringan nirkabel dapat di kategorikan dalam beberapa bentuk yaitu :
  • Personal Area Nerwork ( PAN ) Nirkabel
PAN nirkabel memiliki jangkauan yang relatif pendek  sekitar 15 meter dan hanya efektif untuk memenuhi kebutuhan dalam ruang sempit atau  lingkup pribadi performan PAN dapat di bilang sedang, memiliki bit rate mencapai 2 Mbps. Kebanyakan PAN memiliki dan mengunakna gelombang radio untuk menyampaikan informasi udara.
Contoh aplikasi PAN nirkabel adalah Bluetooth
  • Local Area Network ( LAN ) nirkabel
LAN nirkabel memberikan performan yang tinggi user biasanya mengunakan laptop, PC, ataupun PDA. LAN nirkabel mempunyai bit rate mencapai 54 Mbps. aplikasi ini cocok pada perkantoran, pusat perbelanjaan atau perumahan yang biasanya di sebut dengan hotspot
  • Metropolitan Area Network ( MAN ) nirkabel
MAN nirkabel mencakup suatu perkotaan,  paerforman MAn nirkabel sangat beragam apabila di dalam gedung dapat mencapai 100Gbps ( dengan Ir.DA ) tetapi apabila dengan radio yang radiusnya 20 mil hanya mampu menghasilkan kecepatan sebesar 100 Kbps.
  • Wide Area Network (WAN ) nirkabel
Sesuai dengan namanya , WAN nirkabel mencakup wilayah yang sangat luas dan mancakup keseluruhan dunia, performan WAN cukup rendah yaitu sebesar 170 Kbps, tetapi karena penggunaan dengan streaming rendah seperti ponsel, dapat di kompres sehingga proses tidak terlalu lama bahkan dapat di bilang cepat.


Komponen Jaringan Wireless

Untuk dapat membangun jaringan wireless di perlukan beberapa komponen dasar wajib di penuhi yaitu :
  • Access Point











Merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya milik perusahaan. Access Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan di salurkan melalui kabel atau di salurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan di konversikan ulang manjadi sinyal frekuensi. Access point di lengkapi dengan colokan RJ-45 yang dapat di gunakan untuk  menghubungkan jaringan wireless dengan jaringan berbasis kabel.

  • Wireless LAN card


















Merupakan peralatan yang di pasang di mobile PC atau desktop PC. peralatan yang di kembangkan secara masal adalah dalam bentuk PCMCIA card, PCI card mampu melalui port USB.
Ada beberapa tipe wireless yang dapat anda gunakan di komputer desktop atau laptop.

a. Wireless LAN card yang di gunakan untuk komputer desktop yang di pasang pada slot PCI dalam
    motherboard komputer.
b. PCMCIA adalah wireless LAN card yang di gunakan untuk laptop
c. USB wireless adapter dapat di gunakan di komputer deskatop maupun laptop.
  • Mobile desktop PC
Merupakan peralatan access untuk pengguna, mobile desktop PC pada umumnya sudah terpasang prt PCMCIA sedangkan desktop PC harus di tambahkna wireless adapter melalui PCI card atau USB.
  • Antena external
Antena wxternal di gunakan untuk memperkuat  daya pancar. Antena ini dapat di rakit sendiri oleh user
contoh : antena kaleng xecara relatif perangkat access point ini mampu menampung sampai ratusan pengguna secara bersamaan. Beberapa vendor hany merekomendasikan belasan sampai sekitar 40an pengguna untuk satu access point. Komponen logic dari access point adalah ESSID ( Extended Service Set Identification ) yang merupakna standard dari IEEE 802.11. pengguna harus mengkonversikan wireless adapter ke access point dengan SSID tertentu supaya transfer data bisa terjadi.
  • Mode access Point
Access point dapat berkomunikasi dengan wireless client dengan jaringan kabel dan dengan access point  lainnya, ada 3 mode di mana access point dapat di konfigurasi yaitu :
  1. roll mode : mode ini di gunakan ketika access point tersambung dengan jaringan kabel . ketika access point tersambung dengan segmen kabel maka access point secara normal terkonfigurasi dengan mode root
  2. bridge node : dalam mode ini access point berlaku sama seperti bridge pada jaringan kabel access point akan manjadi bridge jika di konfigurasi sebagai bridge.
  3. repeater mode : dalam mode ini access point memiliki kemampuan untuk menyediakan sambungan wirelessup stream ke dalam jaringan kabel yang lebih baik dari pada sambungan kabel biasa.
  • Wireless Bridge
sebuah wireless bridge menyediakan  sambungan antara dua segmen jaringan kabel dan di gunakan dalam konfigurasi point to point / konfigurasi point to multi point.



"Tips memperluas jangkauan dan kekuatan jaringan wireless"










Jika anda ingin meningkatkan sinyal untuk jaringan wireless anda cobalahbeberapa tips untuk memperluas jangkauan wireless anda dan meningkatkan performan jaringan anda.
  1. posisikan access point atau router di pusat lokasi
  2. memindahkan router jauh dari lantai atau jauh dari dinding  dan juga benda benda yang terbuat dari logam, metal, dinding, lantai akan menganggu sinyal, semakin dekat gangguan ini dengan access point anda semakin parah gangguan yang di terima dan lebih lemah koneksinya.
  3. menganti antena, antena yang di sertakan dengan router biasanya bertypeomni-directorial, yang berarti sinyal di siarkan ke semua penjuru sekitar router, namun mungkin ada beberapa area tidak di kehendaki pemancar sinyal dan menganti antena ke antena yang memfokuskan sinyal nirkabel hanya satu arah.
  4. gantilah adapter jaringan anda.Sinyal, jaringan wireless harus di kirim baik dari komputer anda , terkadang komputer anda tidak dapat menerima sengan baik sinyal dari access point.maka gantilah kartu jaringan yang di gunakan di PC atau Laptop anda dengan USB wireless adapter yang menggunakan antena , dengan pertimbangan Hi-gain antena milik USB wireless adapter.
  5. tambahkan repeater, tempatkan repeater wireless pada pertengahan antara jalur access point dan komputer anda akan mendapatkan peningkatan sinyal
  6. rubah chanelnya : wireless router dapat di siarkan di beberapa chanel atau saluran , cobalah ganti  chanel access point anda melalui halaman knfigurasi mungkin saja anda mendapatkan peningkatan sinyal , anda tidak perlu mengubah konfigurasi konfigurasi komputer anda karena secara otomatis akan mendeteksi chenel baru yang telah  anda rubah.
  7. ambil peralatan dari satu vedor : anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik jika anda memilih router dan network adapter dari vendor yang sama.

1 komentar: